Cara memasang klakson keong di motor

Cara memasang klakson keong di motor dan ciri cirinya sebagai berikut :


Klakson keong merupakan aksesoris yang banyak dipakai para biker,entah untuk montor kecil atau motor gede, buat yang touring atau harian aja.soalnya suara, mobil - mobil semua pada minggir, ya.. Iya pada kaget semua waktu samean mencet klaksonya,pokoknya samean dikira mobil besar, tapi giliran lihat sepion eh ternyata motor wkwkwkwkw....


Ngomongin harga rata - rata dua kalilipat dari klakson ori motor bawaan motor samean, karwna hasil suaranya yang sangat glerrr... Seperti tronton, merk yang umum dipakai diantaranya Denso, Hella. Nah untuk pemasanganya ini yang ga bisa sembarangan atau langsung colok ke kabel klakson bawaan motoe tapi harus pakai relay DNPT, jika tidak memakai cara itu ACCU akan cepat ngedrop . Pemasanganya sebenarnya gampang yang terpenting samean paham jalurnya.


Ok.. Sebelum samean pasang siapkan sulu:



» klakson keong itu hal pasti mau yang dua biji atau satu biji.

» rellay dnpt saran pakai yang 4 kakai tapi kalau nemu yang


   5 kaki ya gk apa apa itu sama aja.

» Kabel untuk jalur klakson keong panjang variasinya


   tergantung montor samean sekiranya dua meter.


Langkah - langkahnya :

» Perhatika rupa pada kaki relay.
   pada setiap kaki - kaki relay tersebut Terdapat angka yang menunjukan Bagaian yang akan                   dihubungkan Dengan kabel ada angka 30,85,86,87.

» kaki relay dengan angka 30.
Bisa samean sambungkan dengan sekring, lalu dari sekring,koneksikan lagi ke kutup positif            pada aki motor kabel warna merah. Usahakan memakai klem tembagaatau minimal ring.               supaya baud aki tidak kendor.

» kaki relay dengan angka 85 dan 86.
Bisa anda hubungkan dengan saklar klakson/soket yang menghubungkan ke klakson bawaan.Takusah khawatir, tidak masalah kok apabila Samean terbalik dalam memasang        menghubungkan kaki - kaki relay ini.

» Silahkan tekan tombol klakson yang biasanya.
Amati suara yang di hasilkan, jika terdengar suara hentakankecil yang berasal dari relay, artinya pemasangan yang samean lakukan sudah benar. Sedangkan bila belum benar, anda bisa mengecek kondisi pada bagian aki, sekring,sambungan kabel.

» kaki relay dengan angka 87 dapat anda koneksikan dengan kaki klakson.
Sambungkan bagian positif pada relay ke kutub positif pada klakson. Begitu pun dengan kaki klakson yang satunya lagi bisa dihubungkan dengan rangka motor/massa. Jika terbalik menghubungkan kaki 87ke kutup positif klakson, klakson tersebut tidak akan bunyi.

» periksa pengerjaan
Rapikan juga jalur kabel instalasi klakson supaya terlihat libih bagus dipandang mata. Ok..udah selesai.

PERHATIAN: 
tips menggunakan klakson keong motor adalah, jangan terlalu sering membunyikan klakson keong ketik Mesin motor dalam keadaan mati. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kesetabilan arus listik yang ada di aki motor. Jangan sampai penggunaan klakson keongmembuat aki motor samean tekor.

Ok lurr sekian dulu ya, semoga bermanfaat buag yang baca dan langsung di praktekin biar mantap, sampai jumpa,  Maturnuwun...

Comments