Review Harga Spesifikasi Toyota NAV1 & Kelebihan Kekurangan


Review Spesifikasi Toyota NAV - geliat setiap pabrikan ditanah air semakin hari semakin berkembang. Salah satunya pada segmentasi mobil keluarga ataupun juga MVP yang merupakan pasar tergemuk di indonesia.

Jika sebelumnya hanya diurutkan berdasarkan tingkat kemewahan, kini segmen mobil keluarga telah mengeluarkan cela baru berdasarkan dimensi. Adalah high roof MVP, yang marketnya yang berada diatas medium MPV dan dibawah full size MPV.

Bisa dikatakan, kelas ini menjadi peluang baru bagi setipa ATPM di indonesia karena setiap pabrikan melakukan penetrasi secara perlahan guna memenuhi konsumen yang menginginkan citra rasa mobil mewah dengan budget terbatas.

Pada akhir 2012, toyota mencoba untuk melakukan penetrasi ke kelas ini melalui pegenalan Toyota NAV1. Pemasarannya  baru dilakukan pada permulaan tahun 2013 melalui tipe G dan V yang kemudian disusul dengan tipe V limited.

Seperti yang telah terjadi pada setiap produk Toyota sebelumnya, trim menengah selalu menjadi produk best seller sehingga tipe disini menjadi varian yang semakin digemari dibandingkan tipe G (Terendah) dan V limited (tertinggi).

Guna menyiasati marketing, kemudian Toyota melakukan minor facelift dengan pengaplikasian pernak - pernik dan ornamen disekliling eksterior dan penyegaran warna di interior. Seperti yang ditebak oleh pengamat otomotif, ternyata langkah ini tidak membantu dalam hal penjualan Toyota NAV1.

Bahkan banyak yang menyebut jika kehadiranya Toyota NAV1 mampu mematahkan argumen bahwa semua mobil yang ditempel logo Toyota pasti akan laku di tanah air. Didalam pasar MPV lelas premium tanggung, Toyota NAV1 yang dijual antara Toyota sienta dan Toyota Alphard ini tidak mampu menekan laju torehan rekor sang penguasa pasar yakni Nissan Serena C26.

Eival-rival di kelas yang sama juga diisi oleh Nissan Serena C26Mitsubishi Delica, dan Mazda Bianta SkyActiv. Sedangkan dari pabrik korea, KIA All New Carens turut disebut sebagai rival dari beberapa kandidat di atas meski tidakmengusung model atap tinggi.

Redupnya keinginan konsumen terhadap NAV1 memaksa Toyota untuk mempensiunkan mobil ini di tanah air pada januari 2017. Sebagai gantinya, Toyota Astra Motor (TAM) selaku ATPM sedang menyiapkan amunisi baru yang diprediksi diisi oleh Toyota Voxy, kembaran NAV1 dengan model terbaru dan mendapatkan julukan baby vellfire.

Berikut informasi penting mengenai Reviw spesifikasi toyota NAV1 yang beredar di indonesia dari tahun 2013 hingga januari 2017.

Review Spesifikasi Toyot NAV1 : Exterior 


Sesuai keberadaanya dikelas high MVP, Toyota NAV1 mengusung body berbentuk kotak dengan dimensi atap yang tinggi. Pada bagian deoan, ia telah menggunakan lampu halogen dengan bantuan  Pemancar cahaya dari projector dan bentuk mikanya tergolong sangat kaku.

Untungnya, di antara kedua lampu tersebut dipercantik oleh adanya kelir krom pada grille dan bumper yang kesanya atraktif sehingga memancarkan aura yang lebih berkarakter.

Hal ini berlaku juga untuk varial facelift dimana kami tak akan berpanjang lebar mengenai varial facelift sebab tidak ada perubahan signifikan dibanding produk Toyota lainnya, melainkan penambahan kosmetik saja.


Eksterior Toyota NAV1 tampak depan

Eksterior Toyota NAV1 tampak depan 



Beranjak ke area samping, Toyota NAV1 tampak elegan namun membosankan, tak sama dengan Nissan serena ataupun Mazda Biante yang lekukan kacanya benar benar modern. Untungnya ia juga mengadopsi pintu geser otomatis kedua sisi sehingga memudahkan keluar masuk untuk penumpang belakang.

Selain itu, penggunaan velg berukuran 15 inci yang dibalut ban dengan profil 195/65 dianggap terlalu kecil dan membuat groud clearance nya menjadi rendah, yakni hanya setinggi 145 mm lalu diganti 16 inci dengan desain berbeda pada varian facelift dan ketinggianya semakin meningkat.

Dari segi dimensi, ukuran aktualnya antara panjang 4.580 mm, lebar 1.740 mm, tinggi 1.465 mm Dan didukung oleh wheelbase sepanjang 2.645 mm.

Eksterior Toyota NAV1 tampak samping
Eksterior Toyota NAV1 tampak samping

Kemudian untuk bagian belakangnya, Toyota NAV1 memiliki buritan yang minimalis dan minim aksesoris, adanya sentuhan garnis krom di atas posisi plat nomer dengan tulisan NAV1 membuatnya lebih sedap dipandang mata.

Sementara stoplam telah mengadopsi lampu LED guna menambah aura premium. Bentuknya pun cukup bagus meskipun tidak seatraktif biante tapi jauh lebih baik dibandingkan serena yang bentuk lampunya menyerupai bus karoseei lokal. Untuk varial facelift, bentuk garnis diperpanjang dengan adanya reflektor yang diadopsi dari Toyota Kijang Innova facelift.

Eksterior Toyota NAV1 tampak belakang
Eksterior Toyota NAV1 tampak belakang


Review Spesifikasi Toyota NAV1 : Interior


Beranjak ke dalam kabinnya, Toyota NAV1 menawarkan space kabin yang lega dengan warna yang didominasi oleh abu - abu dan beige. Jika dibandingkan dengan produk Toyota lain khususnya entey level, desain dashbord Toyota NAV1 jauh lebih mewah dengan susunan panel instrumen dan panel konsol yang unik.

Disini, banyak berbagai fitur penting untuk MPV kelas menengah. Diantaranya AC digital control, HID 2 DIN dwngan monitor display, MID multi fungsi dan audio steeing weel. Guna menambah kesan mewah, roda kemudi dan bagian atas tuas transmisi turut diberikan akses wood panel.

Sayangnya, panel instrumen diletakkan pada bagian tengah yang mengurangi kenyamanan mengemudi serta seluruh bagian dashbord masih menggunakan plastik keras yang tampak murah. Selain itu, tipe tertinggi belum dibekali kursi kulit.

Fitur - fitur lainya yang ada disini yaitu dual airbags, power window, electric Mirror, central lock dan juga pelipat sepio otomatis. Khusus varian facelift, nuansa kabin dirubah menjadi lebih sporty dengan penggunaan warna gelap pada bagian jok sehingga tidak mudah kotor.

Sementara monitor LCD pada head unik mendapatkan update penting dan dapat menampilkan menu navigasi.

Interior Toyota NAV1 tamoak dashbord
Interior Toyota NAV1 tamoak dashbord


Berlanjut ke baris kedua, Toyota NAV1 menjadi pemain tunggal yang menyediakan kursi captain seat dengan fungsi rotasi 180° dengan membentuk meeting  ( diputar berhadapan kursi row ketiga ). Mendapatkan fitur sliding dan reclining jika sewaktu - waktu dirasa untuk memaksimalkan space kabin.

Hampir sama dengan serena, ia juga mendapatkan monitor pada plafon yang dersambung dengan head unit. Proses pendinginan kabin pun sangat merata hingga kebaris ketiga.


Spesifikasi toyota NAV1 




  • Mesin : 3zr_FAE 2.0 liter.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katub DOHC WTI.
  • Tenaga : 156 hp @6.200 RPM.
  • Torsi : 195 nm @4.400 RPM.
  • Bore x stroke : 80.5 mm + 97.6 mm.
  • Rasio kompresi : 10:1.
  • Konsumsi Bahan bakar : 6-9 km/l (dalam kota) ; 10-14 km/l (luar kota).
  • Transmisi nya : CVT shiftronic 7 percepatan.
  • Dan suspensi : Depan macpherson strut, belakang.
  • Rival : serena c26, mazda biante, mitsubishi delica.
  • Tahun penjualan : 2013 - januari 2016.

Berikut harga Toyota NAV1  


Ditahun 2013 harga mobil Toyota NAV1 Rp; 177 juta. Dibandingkan harga Toyota NAV1 limited tentu lebih mahal yang limited mobil ini membuka harga Rp; 179 juta.

Demikian beberapa informasi penting mengenai review spesifikasi TOYOTA NAV1 yang beredar di indonesia sejak tahun 2013 - januari 2016. Mobil ini menjadi pilihan paling bijak di kelasnya.

Comments