Review Spesifikasi Toyota NAV - geliat setiap pabrikan ditanah air semakin hari semakin berkembang. Salah satunya pada segmentasi mobil keluarga ataupun juga MVP yang merupakan pasar tergemuk di indonesia.
Jika sebelumnya hanya diurutkan berdasarkan tingkat kemewahan, kini segmen mobil keluarga telah mengeluarkan cela baru berdasarkan dimensi. Adalah high roof MVP, yang marketnya yang berada diatas medium MPV dan dibawah full size MPV.
Bisa dikatakan, kelas ini menjadi peluang baru bagi setipa ATPM di indonesia karena setiap pabrikan melakukan penetrasi secara perlahan guna memenuhi konsumen yang menginginkan citra rasa mobil mewah dengan budget terbatas.
Pada akhir 2012, toyota mencoba untuk melakukan penetrasi ke kelas ini melalui pegenalan Toyota NAV1. Pemasarannya baru dilakukan pada permulaan tahun 2013 melalui tipe G dan V yang kemudian disusul dengan tipe V limited.
Seperti yang telah terjadi pada setiap produk Toyota sebelumnya, trim menengah selalu menjadi produk best seller sehingga tipe disini menjadi varian yang semakin digemari dibandingkan tipe G (Terendah) dan V limited (tertinggi).
Guna menyiasati marketing, kemudian Toyota melakukan minor facelift dengan pengaplikasian pernak - pernik dan ornamen disekliling eksterior dan penyegaran warna di interior. Seperti yang ditebak oleh pengamat otomotif, ternyata langkah ini tidak membantu dalam hal penjualan Toyota NAV1.
Bahkan banyak yang menyebut jika kehadiranya Toyota NAV1 mampu mematahkan argumen bahwa semua mobil yang ditempel logo Toyota pasti akan laku di tanah air. Didalam pasar MPV lelas premium tanggung, Toyota NAV1 yang dijual antara Toyota sienta dan Toyota Alphard ini tidak mampu menekan laju torehan rekor sang penguasa pasar yakni Nissan Serena C26.
Eival-rival di kelas yang sama juga diisi oleh Nissan Serena C26, Mitsubishi Delica, dan Mazda Bianta SkyActiv. Sedangkan dari pabrik korea, KIA All New Carens turut disebut sebagai rival dari beberapa kandidat di atas meski tidakmengusung model atap tinggi.
Redupnya keinginan konsumen terhadap NAV1 memaksa Toyota untuk mempensiunkan mobil ini di tanah air pada januari 2017. Sebagai gantinya, Toyota Astra Motor (TAM) selaku ATPM sedang menyiapkan amunisi baru yang diprediksi diisi oleh Toyota Voxy, kembaran NAV1 dengan model terbaru dan mendapatkan julukan baby vellfire.
Berikut informasi penting mengenai Reviw spesifikasi toyota NAV1 yang beredar di indonesia dari tahun 2013 hingga januari 2017.
Sesuai keberadaanya dikelas high MVP, Toyota NAV1 mengusung body berbentuk kotak dengan dimensi atap yang tinggi. Pada bagian deoan, ia telah menggunakan lampu halogen dengan bantuan Pemancar cahaya dari projector dan bentuk mikanya tergolong sangat kaku.
Untungnya, di antara kedua lampu tersebut dipercantik oleh adanya kelir krom pada grille dan bumper yang kesanya atraktif sehingga memancarkan aura yang lebih berkarakter.
Hal ini berlaku juga untuk varial facelift dimana kami tak akan berpanjang lebar mengenai varial facelift sebab tidak ada perubahan signifikan dibanding produk Toyota lainnya, melainkan penambahan kosmetik saja.
Berikut informasi penting mengenai Reviw spesifikasi toyota NAV1 yang beredar di indonesia dari tahun 2013 hingga januari 2017.
Review Spesifikasi Toyot NAV1 : Exterior
Sesuai keberadaanya dikelas high MVP, Toyota NAV1 mengusung body berbentuk kotak dengan dimensi atap yang tinggi. Pada bagian deoan, ia telah menggunakan lampu halogen dengan bantuan Pemancar cahaya dari projector dan bentuk mikanya tergolong sangat kaku.
Untungnya, di antara kedua lampu tersebut dipercantik oleh adanya kelir krom pada grille dan bumper yang kesanya atraktif sehingga memancarkan aura yang lebih berkarakter.
Hal ini berlaku juga untuk varial facelift dimana kami tak akan berpanjang lebar mengenai varial facelift sebab tidak ada perubahan signifikan dibanding produk Toyota lainnya, melainkan penambahan kosmetik saja.
Eksterior Toyota NAV1 tampak depan
|
Beranjak ke area samping, Toyota NAV1 tampak elegan namun membosankan, tak sama dengan Nissan serena ataupun Mazda Biante yang lekukan kacanya benar benar modern. Untungnya ia juga mengadopsi pintu geser otomatis kedua sisi sehingga memudahkan keluar masuk untuk penumpang belakang.
Selain itu, penggunaan velg berukuran 15 inci yang dibalut ban dengan profil 195/65 dianggap terlalu kecil dan membuat groud clearance nya menjadi rendah, yakni hanya setinggi 145 mm lalu diganti 16 inci dengan desain berbeda pada varian facelift dan ketinggianya semakin meningkat.
Dari segi dimensi, ukuran aktualnya antara panjang 4.580 mm, lebar 1.740 mm, tinggi 1.465 mm Dan didukung oleh wheelbase sepanjang 2.645 mm.
Eksterior Toyota NAV1 tampak samping |
Kemudian untuk bagian belakangnya, Toyota NAV1 memiliki buritan yang minimalis dan minim aksesoris, adanya sentuhan garnis krom di atas posisi plat nomer dengan tulisan NAV1 membuatnya lebih sedap dipandang mata.
Sementara stoplam telah mengadopsi lampu LED guna menambah aura premium. Bentuknya pun cukup bagus meskipun tidak seatraktif biante tapi jauh lebih baik dibandingkan serena yang bentuk lampunya menyerupai bus karoseei lokal. Untuk varial facelift, bentuk garnis diperpanjang dengan adanya reflektor yang diadopsi dari Toyota Kijang Innova facelift.
Comments
Post a Comment